Jumat, 09 Desember 2011

Hukum Syar'i Bisnis MLM Oriflame

Bismillahirrahmanirrahiim....

Sekilas kita bahas hukum MLM yang ada di oriflame, bisnis yang menggelegar di seluruh pelosok nusantara bahkan sedunia.
Awalnya sayapun berfikir beribu2 kali untuk ikut bisnis ini, akan tetapi ketika saya mendalami prosedur dan cara kerja dioriflame dan baca2 buku "Al-Masailul FiQhiyah" yang saya punya mengenai hukum MLM, di sana pun juga di jelaskan bahwa tidak semua yang bersifat MLM adalah haram.

Mari kita simak>> open book "Al-Masailul FiQhiyah Jawaban Hukum Islam Terhadap Masalah-Masalah Kontemporer karya Saifuddin Mujtaba"

*.Hukum MLM.*
Pandangan Islam tentang sistem Multi Level Marketing (MLM) apakah dapat dibenarkan atau tidak???
Berkenaan dengan hal ini, Komisi Fatwa MUI DKI Jakarta memfatwakan:
* Bahwa sistem perdagangan MLM diperbolehka syariat Isla dengan syarat-syarat sbb:
1. Transaksi (akad) antara pihal penjual (al bai') dan pembeli (al musytari) dilkukan atas suka sama suka (an taradhin) dan tidak ada paksaan.
2. Barang yang dijual perbelikan suci, bermanfaat dan transparan sehingga tidak ada unsur kesamaran atau penipuan (gharar).
3. Barang-barang tersebut diperjual belikan dengan harga yang wajar.


===========

Untuk menentukan dan memutuskan apakah bisnis MLM itu haram, karena ada beberapa kriteria yang bisa dipakai sebagai tolok ukurnya. Tidak bisa begitu saja memukul rata bahwa yang namanya bisnis MLM itu pasti haram, karena spesifikasi tiap perusahaan MLM bisa berbeda-beda. Maka dari itu, suatu perusahaan MLM bisa dilihat haram tidaknya dari kriteria dibawah ini:

1. Riba (Transaksi Keuangan Berbasis Bunga)
Oriflame memberikan persentase keuntungan yang jelas kepada semua Consultantnya. Oriflame membagikan keuntungan yang diperoleh perusahaan bukan dari bunga, melainkan dari keuntungan penjualan produk nyata kepada konsumen.

2. Gharar (Kontrak yang tidak Lengkap dan Jelas)
Kita sebagai Consultant Oriflame, mendapat kontrak yang jelas bahwa keuntungan dari menjalankan bisnis Oriflame adalah dengan diskon langsung yang diperoleh dari Direct Selling (selisih harga katalog dengan harga Consultant). Juga Oriflame memiliki sistem plan yang jelas dalam sistem MLMnya.

3. Penipuan (Tadlis/Ghisy)
Oriflame berdiri di Swedia tahun 1967, dan di Indonesia pada tahun 1986. Oriflame merupakan pelopor MLM di Indonesia pada waktu itu. Dan kalau Oriflame pernah melakukan penipuan, pastinya perusahaan ini udah gulung tikar dari dulu. 22 tahun berada di Indonesia merupakan bukti yang cukup bahwa perusahaan ini adalah bonafid dan terpercaya.

4. Perjudian (Maysir atau Transaksi Spekulatif Tinggi yang tidak terkait dengan Produktifitas Riil)
Kalo masalah perjudian ini, kayaknya jauh banget ya dari Oriflame. Apalagi transaksi spekulatif yang gak ada produk riil/nyatanya. Di bisnis Oriflame, semuanya jelas, ada produk nyatanya, dan keuntungan didapat oleh Consultant yang BEKERJA, bukan hanya ongkang ongkang kaki aja. Jadi, gak ada tuh unsur spekulasi dan judi di bisnis ini.

5. Kedhaliman dan Eksploitatif (Dzulm)
Biasanya eksploitasi terjadi pada perusahaan yang menerapkan Money Game/skema piramida. Jadi siapa yang duluan masuk dia yang untung dan yang dibawahnya yang pontang-panting. Kalau di Oriflame, justru siapa yang bekerja paling keras dialah yang akan memetik hasil paling banyak. Ini udah aku buktikan sendiri, dengan bekerja membangun jaringanku sendiri, beberapa kali aku mendapatkan bonus bulanan lebih banyak daripada upline yang berada di atasku. Oriflame menerapkan suatu sistem plan yang mengatur sampai mana omzet suatu grup berpengaruh pada uplinenya, pada saat leader grup tsb mencapai level tertentu, maka putus jugalah pembagian bonus kepada upline. Dan untuk jasa sang upline membangun grup tersebut, upline hanya diberikan passive income yang sudah ditentukan persennya. Jadi, gak ada yang namanya eksploitasi atau kezaliman, semuanya transparan dan jelas.

6. Barang/Jasa yang dijual adalah berunsur atau mengandung hal yang haram
sesuai dengan yang sudah sayabahas disini, produk Oriflame menggunakan bahan-bahan alami yang tentu aja jauh dari haram, Insya Allah.

===============
Dari berbagai sumber
===============

Alhamdulillah, jadi gak bimbang lagi kan dalam menjalankan bisnis ini.
Yang ingin ikutan langsung klik di sini
atau hubungi..
hp: 083 847 133 066
email: mutiara_illiyyin@yahoo.com
Read More..

Selasa, 03 Mei 2011

^_Air Mata Cinta, menetes bagai butiran mutiara_^

Cinta... Oh Cinta.. tak ada habisnya manusia berkata cinta..


Jiwa merana karena cinta..
Hati terbelenggu karena cinta..
Lidah terasa kaku karena cinta..
cinta..... semua karena cinta...


Ketika bicara tentang cinta, selalu terfikir bagaimanakah mendapatkan cinta seseorang yang kita cintai..
Pernakah terbesit suatu tanya dalam hati "Bagaimanakah cara mendapatkan cinta Allah?"
Menggapai cinta yang hakiki..
Jadikanlah dunia dalam genggamanmu dan tetapkanlah akhirat dalam hatimu... Subhanallah..^^


Tetaplah IstiQomah dalam menanti ia yang Allah pilihkan untukmu..

Doakan pula dalam setiap penghujung sholatmu, walapun kau belum tau siapa ia..

Namun percayalah ia akan datang menemuimu untuk bersama-sama mencari ridhoNya dengan MitsaQan gholidoh yang ia ucapkan..
Semoga ia di sana selalu dalam lindungan dan naungan cintaNya...
Dan dengan air mata cinta yang menetes bagai butiran mutiara akan menjadi saksi dalam keindahan penantian mencari Ridho-Nya bersamanya..



Rabb.. Jika Engkau izinkan aku jatuh cinta..
maka cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya padaMu..
Sehingga ketika aku bersamanya bertambah pula kecintaanku padaMu...



^_Untukmu Uchtie_^
Malam sunyii, sembari rehat selesai mengerjakan tugas..^^v
28 Jumadil Awal 1944 H video Read More..

Jumat, 28 Januari 2011

ƸӜƷ_- Perhiasan Terindah _- ƸӜƷ


~*.•.¸¸.•´¯`•.♥✿♥.•´¯`•.¸¸.•.*~

_- ƸӜƷ MuslimẨh itu ẨnugerẨh terindẨh dunia

……………………………………………
Ia lembut namun tidaklah lemah, mempesona tapi tetap bersahaja.
Ia tau bagaimẨna menjaga izzah, iffah dirinyẨ.
Ia mengerti bagaimana menjaga Ẩkhlak n kemuliaannya.
Itulah yẨng membuatnyẨ istimewa dibandingkẨn wanitẨ lainnya.
IlmunyẨ telah mengẨngkatnya menjadi permatẨ terindah duniặ,,,^^


_- ƸӜƷ Muslimah yg berakhlak mulia

…….......................
Bagaikan bunga nan indah,,,,,
Yang membawa kedamaian dikala hati tengah gundah, gelisah,
kehadiran yang slalu dinantikan,,
kepergian yang mampu menciptakan kerinduan..
Dan senantiasa membawa kebaikan. .

_-_ ƸӜƷ Dan…….. Muslimah itu sungguh cantik
…………………………………………………...
Tasbih sebagai lipstick bibirnya…
Air mata taubat sebagai pelentik bulu matanya…
Malu dan akhlak mulia sebagai perhiasannya...
TaQwa sebagai pakaian terindahnya.......
Dan..........semoga itu adalah kita semuẨ (Muslimah)..

Aamiin Allahumma aamiin...

~*.•.¸¸.•´¯`•.♥✿♥.•´¯`•.¸¸.•.*~

"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah." (Hadits shahih : Diriwayatkan oleh Muslim (no. 1467), an-Nasa-i (VI-69), Ahmad (II/168), Ibnu Hibban (no. 4020-at-Ta'liqaatul Hisaan) dan al-Baihaqi (VII/80) dari 'Abdullah bin 'Amr Radhiyallaahu 'anhuma).

(_¸.•'´(_¸.•'´**`'•.¸_)`'• .¸_)
(_¸.•'´(_¸.•'´**`'•.¸_ )`'•. ¸_)
Read More..

Rabu, 24 November 2010

*Milad*

Bismillahirrahmanirrahiim....

Telah berkurang kesempatan berbuat baik dan buruk di dunia..
Ya Rabbi dengan berkurangnya sisa hidup di dunia ini..
Semoga ku bisa mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya..

Kan ku jadikan pengingat bahwa umur kian berkurang..
kan ku jadikan semangat untuk meraih cinta, ridho dan keberkahan-Nya...


Tiada yang dapat ku ucap, hanya dapat berkata penuh harap dan do'a..
Semoga sisa usia yang ada takkan sia-sia..
Hanya untuk-Nya.. Meraih cinta-Nya.. Menggenggam ridho-Nya, dan....
juga tercipta akan harap dan cita-cita....
Bimbing hamba ya Rabb... Tetapkanlah Iman, Islam dan Ikhsan dalam hati, jiwa dan raga hamba... Aamiin ya Robbal 'alamiin...

( 25 November 2010 )
18 Dzulhijjah 1431 H Read More..

Selasa, 12 Oktober 2010

Ketika rindu di hujung Penantian


Bismillahirrahmanirrahim....


Ya Illahi.. Ya Rahman... Ya Rahiim......
Entah kapan tiba waktu itu..
Sungguh menggetarkan kalbu..
Ya Ilahi.. Jagalah ia, lindungi ia dalam dekap cinta, kasih dan sayangMu..
Aku percaya ia ada dan nyata..
dan ia pun tak akan tertukar dengan yang lainnya..
walaupun diri ini tak penrah jumpa..
atau bahkan ku mengenal ia, ataupun sebaliknya,
namun kita tak saling sapa..
karena itu hanyalah rahasiaMu..
Hanya Engkau yang tahu..
Namun suatu hari nanti.....
Engkau akan curahkan rahasia itu dengan keindahan,
dan keridhoan dariMu, dengan janji suci yang ia utarakan padaku, karenaMu..
Hanya karenaMu...

Ya Rabb... Sedang apakah ia saat ini..
sedang bermunajatkah. sedang tilawahkah, sedang berdzikirkah ia saat ini??
aku pun tak tahu.. karena hanya Engakaulah yang tahu..

Ya Allah.. yang Maha Mengasihi..
Sampaikanlah salamku untuknya,
salam santun penuh cinta, ku merindukannya..
rindu hadirnya dalam kehidupanku..
rindu sopan santunya..
rindu nasehat demi nasehat darinya..
rindu bimbingannya..
rindu kesabarannya...
rindu tutur kata lembutnya..
rindu bermunajat bersamanya..
rindu berjama'ah bersamanya..
rindu.. rindu hanya untuknya..
ia yang Engkau pilihkan untukku..

Ya Ilahi..
Aku percaya dan yakin atas kuasaMu..
Akupun percaya Engkau telah mempersiapkan ia untukku..
selama penantian indah ini..
kan ku jaga hanya untuknya, tak kan ku biarkan hati ini berlabuh kepada selain dirinya, Insya'Allah..
Bimbing hati ini ya Rabb..
karena tanpa kekuatanmu aku lemah, tak berdaya..
namun dengan kuasaMu aku akan sanggup melewatinya..
Hingga akan indah pada waktunya..
IstiQomahkan hati ini ya Rabb..


<<<<<_---------_>>>>>


Padamu yang Allah pilihkan untukku..
Ingin ku jaga selalu hati ini hanya untuk mu,
maka... pintaku padamu.. jagalah pula hatimu hanya untukku..
biarkanlah dengan seiring berjalannya waktu Allah bimbing hatiku dengan hatimu untuk saling menyatu,
yang kelak Kata2mu adalah titah untukku, Selama tak bermaksiat pada Allah, akan ku penuhi semua perintahmu..
melengkapi dalam ketidak sempurnaan.. saling memahami dalam ketidakberdayan..
memperkokoh ketaQwaan.. yang kelak akan melahirkan generasi mujahid dan mujahidah yang kelak akan memimpin untuk menuju jalanNya,
senantiasa mendoakan dikala kita ada dan telah tiada...


Aamiin Allahumma Aamiin...
Read More..

Minggu, 15 Agustus 2010

*•.¸¸.•*Marhaban Ya Ramadhan`*•.¸¸.•*


Waktu demi waktu telah berlalu..
kini tibalah saatnya pada bulan yang selalu dinanti-nati..
Bulan penuh Berkah dan maghfiroh dari Rabb Yang Maha Agung..
Marhaban Ya syahru Ramadhan..

Dalam hidup selalu ada kenangan yang tertinggal dari setiap perjalanan, meski itu cuma 1 jam, 1 menit bahkan 1 detik..

selalu ada hati yang tergores luka dalam setiap perbuatan maupun perkataan, meski itu cuma setitik..


selalu ada khilaf dan salah dalam langkah..
berharap penuh maaf yang mengiringi di bulan nan suci..
Ramadhan kariim,, Ramadhan mubarak.....

♥♥.•*´¨`*•. (`'•.¸ (`'•.¸*¤* ¸.•'´) ¸.•'´) .•*´¨`*•.♥♥
Marhaban ya Ramadhan..

Semoga Allah memberikan kekuatan kepada ruhani dan jasmani kita untuk salning memaksimalkan ibadah, dan semoga tiap detik tiada terlewatkan kecualai bernilai ibadah..
Allahumma Amien...

Marhaban ya Ramadhan..

~ Selamat menghijrahkan hati, jiwa & raga kita menjadi lebih baik. Mari kita songsong bulan Ramadhan yang penuh keberkahan, dgn penuh ikhtiar, tawakkal & optimisme ~

Mohon maaf atas segala khilaf dan salah
♥♥`*•.¸¸.•* (¸.•'´ (¸.•'´*¤* `'•.¸) `'•.¸) `*•.¸¸.•*♥♥
Read More..

Minggu, 01 Agustus 2010

♥ Celoteh hati,,, Sebagai Muhasabah diri ♥


Ketika kesedihan menghampiri betapa diri ini ingin selalu ada di dekatMu..
ketika kebahagiaan mewarnai hari ku, tak lupa pula selalu mensyukuri atas semua nikmatMu.. Alhamdulillah.. ^^
PenjagaanMu tak terbatas oleh ruang dan waktu..
Kasih sayangMu, tak pernah memilih siapapun itu..
Engkau sungguh Adil dan aku sangat percaya itu..
Apapun yang Kau beri, sungguh itu semata-mata untuk kebahagiaanku..

Ya Ilahi..
KekuatanMu yang hingga kini selalu membuatku tegar dan kuat.
Kasih sayangMu, yang kini masih selalu menghiasi dalam kehidupanku
hingga ajal pun tiba..
KeridhoanMu yang hingga kini aku dapat melalui kehidupan ini, semua itu karena ridhoMu..

Ku lalui hari-hariku dengan tak lupa selalu kusebut namaMu..
ku ingin selalu seperti itu, KeIstiQomahan hati itu yang ku harap-harapkan selalu

Jika suatu saat ku sendiri, ku pun tak lupa jika Engkau selalu ada disini menemani..
hmmmm.. akhir-akhir ini, akupun tak tau kenapa perasaanku sungguh sangat sensitif,,
Tiap kali ada sesuatu yang tak pas dgn kata hatiku, tak diduga butiran air mata ini meleleh juga.. T_T
Apakah begitu lemahnya dirimu sayang....
Aku harap tetaplah jadi wanita yang tegar, kau tak lemah tapi kau kuat sungguh kuat dan sangat kuat..
“La tahzan, InnaAllaha maanaa”
Akan ku ingat selalu…
HAMASAH..^^


~♥ Celoteh Hati,,,,, Sebagai Muhasabah diri ♥~
Read More..